Berita Situs

Evaluasi Dampak Taplai Lemhannas: Optimalkan Kontribusi Alumni

 
Picture of Administrator Taplai
Evaluasi Dampak Taplai Lemhannas: Optimalkan Kontribusi Alumni
by Administrator Taplai - Saturday, 13 October 2018, 10:48 PM
 

Pada hari Kamis tanggal 12 Juli 2018, tim Direktorat Perencanaan dan Pengembangan (Ditrenbang) dari Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Dampak terhadap para Alumni program Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang telah dilaksanakan di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2017 lalu.

  

Bertempat di Hotel Novotel Pangkalpinang, kegiatan Evaluasi Dampak dibuka oleh Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang diwakili oleh Brigadir Jenderal Polisi Drs. Rafli, S.H. Dalam sambutannya, Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan berharap bahwa proses Evaluasi Dampak ini dapat mengoptimalkan kontribusi para Alumni, terutama sebagai agen perubahan untuk menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di lingkungannya masing-masing.

 

Sementara Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Drs. H. Tarmin AB, M.Si menyampaikan bahwa sejak era reformasi, nilai-nilai kebangsaan menjadi semakin berkurang, khususnya di sekolah-sekolah. Oleh karena itu peran Alumni sangat diharapkan untuk dapat memupuk dan mengembangkan lagi nilai-nilai kebangsaan, terutama melalui penyesuaian format pemasyarakatannya dengan suasana kekinian.

 

Kemudian Ketua Alumni Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Angkatan I yaitu Aswandi UR, S.AP menyebutkan sudah banyak Alumni Taplai yang bergerak, baik di asosiasi-asosiasi profesi maupun di berbagai komunitas. Beliau mengharapkan bahwa partisipasi peserta dalam pelatihan dan kegiatan Lemhannas dapat dilakukan secara bergilir, termasuk dengan memberdayakan peran Komisariat IKAL Provinsi yang dalam waktu dekat akan segera dibentuk.

 

Acara ini dihadiri oleh 80 orang peserta yang meliputi 40 orang Alumni dan 40 orang peserta dari Lingkungan Alumni, dengan latar belakang para birokrat, akademisi, tokoh masyarakat, pemuda dan kalangan pengusaha.

 

Turut hadir dalam kegiatan Evaluasi Dampak di Pangkalpinang yaitu Direktur Pembinaan dan Pelaksanaan Taplai Laksma TNI Suratno, SH, MH, kemudian Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Dadang Arif, serta perwakilan Alumni PPRA dan PPSA dari Kepulauan Bangka Belitung, yaitu Bahar Buasan (PPSA XVII), Johan Ridwan Hasan (PPSA XX) dan Bambang Patijaya (PPRA LV).